Salam 1001 Kata

by elvan syaputra

Salam 1001 kata, mengawali hari dengan bangun pagi,,,heemm mau ngapain ya??? Inpirasiku belum datang, ide pun tak kunjung menghampiriku, akhirnya ku terdiam dalam dekapan kalimat mesra, haus akan eksistensi diri….wahhhhh…mengawali hari dengan tanda Tanya nh sobat….okelh kalau begt daripada galau menyonsong harii ini kita share aja ..ya…siip  bagaimana kalau dengan MENULIS, I think menulis adalah sebuah perbuatan yang menyiksa, but I am just thinking lhooo ..haa,

yahh yahhh dengan menulis kita menyiksa otak untuk berfikir, menyiksa hati untuk merasakan mengirimkan sinyal positif tentang apa yang dipikirkan, menyiksa badan dengan kegelisahan akan apa yang ingin diekspresikan, menyikasa mulut untuk mereview tulisan berulang-ulang kali, meyiksa tangan tuk menulis dengan berulang kali p bila ada kesalahan dan meyiksa dompet tuk membeli sesuatu yang dapat meyegarkan inspirasi..haaaa yang penting semua menyiksa dehhh bener coba dilakukan kalo g percya,,,heemmm capek deeehh. tapi aneh juga y banyak yang hebat dan bisa menulis, kok tidak tersiksa y dengan apa yang ia lakukan bahkan mereka enjoy dengan menulis dan menulis dijadikan tempat untuk melampiaskan kejenuhan dalam kemajmukan dunia, bahkan tidak sedikit  yang merefresingkan diri dngan menulis, ntah nuulis apa ja dh yang penting menulis… waahhhh g taunya ada tipsnya temen2 untuk kita dapat enjoy dan merasa tidak tersiksa dalam menulis,  okelah akan kita bahas…nh gini temen2  apabila, seumpama, andaikata, bilamana, semua orang menulis haaaaa g ada yang g menulis,, itu g baik juga,,karna jadi banyak yg g baca donk..nulis took kerjanya heee repot juga ..but ever..itu semua hanya opini yang liar ya heeee…nh ini dia ada tips dan beberpa trik yang dapat kita jadkan bahan renungan .. (ehh tapi ini tips untuk menulis versi2 temen2 yang bergelut di dunia tulis menulis ya…hee) semonga bermanfaat

  1. Untuk membuat sebuah karya tulis pertama kali harus kita awali dengan NIAT ( yah segalanya khan harus diawali dengan niat heeee so passti temen2). Niat maksudnya bagaimana, seseorang menulis adalah dengan niat untuk berbgi informasi sharing atau menjelaskan sesuat dengan sebuah tulisan nh itu dia, namun sejatinya dan wajib Qot’I nhh y awali menulis atau segala kegiatan kita dengan niat ibadah, dengan ibadah apa yang akan kita lakukan i.allah mendapatkan ridho dan barokahnya …gt dh hee!
  2. OPTIMIST!!! Tanpa rasa yakin dan optimis, maka karya atau tulisan yang akan kita tulis ga bakal pernah selesai dh kayaknya, yakin dengan apa yang ditulis dan yakin bahwa kita bisa menulis dan tulisan kita bisa diterima dimakan ama orang. You can if u think u can….yang penting yakin dlu dh dan OPTIMIS itu penting….
  3. Pernah mendengan kata2, man jadda wajada, yang artinya “siapa yang berusaha maka dapatlah ia”. Maksudnya gini2 Kalo mau dapetin sesuatu, ya harus dengan usaha! Karena tidak ada sesuatu yang “instan” ya yg kayak mie insant itu lhooee hwww. Untuk bisa dan pata bisa menulis harus diawali dengan usah keras, berfikir kerasa dan berdoa kerasa karena itulah bentuk dari sungguh sungguh…^,,,,^
  4. Nah yang tidak kalah pentingnya adalah temen2 harus memiliki IDEALISME. karena dengan idealisme, tulisan seseorang akan lebih mempunyai taste Idealisme itu kekuatan jiwa n sesuatu yang memang udah jadi prinsip. Jadi apabila sudah mempunya prinsip yang kuat n kekuatan jiwa yang mumpuni, Insya Allah tulisan kita akan lebih punya rasa dan memiliki warna tersendri yang mudah dipahami oleh orang lain.
  5. Dilain sisi untuk dapt bisa dan enjoy dalam menulis kita perlu menguasai paling tidak mengetahu HOW TO WRITE. Karena untuk dapat menulis diperlukan kaedah kaedah tulisan yang tidak bisa kit adapt secara instan juga, harus kita pelajari dan kita resapi heee alayy..nh….diresapi! Kalo tulisan kita asal-asalan, ya mana bisa bagus! Nahhh meminjam kata OM William Forrester nih, “Menulislah pada saat awal dengan hati. Setelah itu perbaiki tulisan anda dengan pikiran”.
  6. Nah ada lagi temen2 untuk menulis kita pasti perlu atau setidaknya memerlukan referensii yan terkait dngan apa yang kita tulis, solusinya gimana y….nh itu dia dengan BANYAK BACA!!! This important one lhooo y ….harus membaca juga sebagai referensi dan kaca perbandingan…. soalnya semakin kita banyak baca, maka akan semakin banyak juga inspirasi kita buat nulis n tulisan kita juga bakal lebih bermakna daripada tulisan yang “asal tulis”.
  7. Setelah selesai semua dari runtutann dibawah tadi ada satu hal yang aku kira snagat urgent, yaitu kita perlu DISKUSI yahh diskusi ama sp kek, siapa j boleh yang penting y bisa ngomong lhoo y dan mikir pastinya heeee…nh dnegan diskusi kita dapat berbagi informasi dan menguji kevaliditan serta sistematika pembahsan yang kita tulis tadi, nah lebih2 Kalo bisa diskusiin sama orang yang emang dah berkompeten di bidang tulis menulis, biar dia ngoreksi n ngasi masukan. Dengan begitu, tulisan kita akan lebih sempurna dan lebih baik.
  8. Setelah semuanya selesai apa lagi y…ada yang sangat sangat sangat penting harus PERCAYA DIRI, percaya diri dengan apa yang kita tulis yakin dan BERANI untuk dibaca orang,,,,heeee ini motivasi sh sebenarnya, PD dengan tulisan sendiri akan membuat semngat dan gairah menulis itu tinggi….jngn takut salah dan direndahkan karna kita mash dalam pembelajaran itu semua biasa..enj0y aja..
  9. BERANI UNTUK BERMIMPI, BERANI UNTUK BERKARYA, BERANI UNTUK UNTUKK DIKOREKSI , BERANI UNTK JATUH, BERANI UNTUK BERIDELAISME, BERANI UNTUK MENANG……..
  10. BERFIKIR KERAS, BEKERJA KERAS DAN BERDOA KERAS………………. (K.H. Dr. Abdullah Syukri Zarkasyi, M.A)
Advertisements

2 Comments to “Salam 1001 Kata”

  1. Apa arti peringkat itu peringkat itu hanya simbol yang akan tertulis di atas lembar putih yang bersimbolkan bahwa anda pintar KAH .

  2. salam sahabat,
    Dlam memaknai kata yang merupakan simbol dari pengalaman mental tidak sama dengan sesuatu yang hanya tertulis diatas lembar putih, terlebih lagi dengan sebuah peringkat. Peringkat tidak lebih dari sebuah prestasi, adapun korelasinya nya lebih kepada penghargaan terhadap apa yang telah diperbuat, apresiasinya adalah melewati syimbol yg tertulis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: