Pesta Kostum di Karnaval Jerman

by elvan syaputra

Luar biasa seakan membuka mataku akan keberagaman budaya yang unik dan positif. Menyaksikan dan bergabung  dalam Gebyar Karnaval Budaya German, merupakan pengalaman pertama gw mengenal real actionnya budaya Negeri  Paman Hitler ini. Tepatnya kemeren pada tanggal 10 Februari Goethe Institut Jakarta mengadakan Pesta Karnaval Budaya, bagi orang German Sendiri  karnaval yang disertai dengan pesta kostum ini selalu diadakan di musim dingin, sebelum Paskah, tepatnya pada hari Senin – Rabu.“Karnaval itu, artinya tidak makan daging. Sebab, sebelum paskah itu, umat Kristiani di Jerman berpuasa dan tidak makan dagingnah maka daripada itu dalam acara ini banyak sajian khas German yang di pamerkan dan berbagai macam aneka ragam permainan serta lomba inti acara ini yaitu Pesta Kostum.

Kemeriahan acara ini dimulai pada sore hari pukul 04.30 Sore, namun gw pada waktu itu datang duluan sekitar jam 2 siang, karena kenapa? Gw dapet info bahwasanya acara ini didukung oleh DAAD, yang juga merupakan wakil dari lembaga Pendidikan German di Indonesia. Nah kesempatan nh untuk konsultasi, walaupun sbenarnya gw udah berapa kali th datang ke DAAD tapi masih belm puas juga haaa…

Well setelah gw sampai di Goethe keadaan belm begitu rame, namun di perpustakaan sudah banyak manusia yg ingin konsultasi hee, gw masuk aja nyelonong gt, anehnya ada beberapa panitia ngejar gw dan nyamperin oh ohh ada apa ini y,,,, ternyata mereka meminta untuk melepaskan tas dan menitipkannya di loket…haaa katro nh gw, gara2 g pernah menginjakan kaki di perpus Goethe nh heee…

Okelah setelah semua beres gw ngantri tuk konsultasi, sambil main2 leptop yang merupakan salah satu fasilitas di perpus, ujung cerita giliran gw konsul, tapi hanya diberi waktu 5-8 menit. Wahwawh mau ngomong apa cepet banget th waktunya, udah cuup cuuupp caaapp gw ngomong akhirnya gw dapat hal baru yang sangat berguna dan alhamdullah banget apa yg dijelaskan Mba DAAD nya tadi sesuatu banget dh….Makasih y mba …

Nahhh setelah selesai acara konsulnya nh,,gw bingung dh mau ngapain akhirnya baca2 buku n main leptop aja dh sambil menunggu acara karnaval nya yg kalo g salah agak sore nanti akan dimulai, tapi dari beberapa sudut gw udah banyak lihat para peserta yang sudah berpenampilan kocak dan gokil2 gt heee….serasa seru nh nanti ….cuyyy

Letssss Begin acara Karnaval…

Tepat pukul 5 sore para audiens dan peserta acara udh pada ngumpul nh ditengah2 taman Goethe Jakarta, wah wah rame banget dengan berbagai macam dan keaneragaman kostum yg mereka kenakan lucu, unik dan menarik. tidak hanya orang indo aja lhooo banyak juga yang bule2 dari german, tapi gw g tau pasti mereka itu perserta kursus atau partisipan aja yee heee

Well acara dimulai dengan sambutan dari 2 orang bule nh yg konon satunya wakil direktur Goethe dan satunya lagi senior di Goethe dh…dan satu lagi ada bapak penterjamah haaa..karna kenapa? Mereka sambutan paka Deutsch heee, dan rata2 khan kita2 masih belajar jadi daripada repot ada penterjamah dh..heee

Sambutan pertama dari ibu2 kalo disana dipanggil Frau sebutan untuk kata ibu, menjelaskan akan konsep acara ini panjang lebar dan disambung dengan sambutan wakil direktur tadi yang kocak banget ngomongnya haaa….diawali dengan SELAMAT SOOOUUUREEE heee..y kurang lebh gitu dh jadi pada ketawa semua th audiens…well beliau menceritakan mengenai acara karnaval ini yang merupakan salah satu budaya tradisi masyarakat German yg diadakan pada bulan Februari, karena pada bulan  ini rata-rata orang german mengadakan Fasching.

Fasching merupakan suatu waktu yang ditandai dengan suasana pesta dan suka cita, nh inipun diadakan oleh mereka sebelum melakukan puasa besar atau puasa panjang. Berbeda dengan ummat muslim yang mengadakan pesta setelah melaksakan ibadah puasa ramdhan, uniknya di german diadkan sebelm puasa sebagai bentuk dari makan enak terakhir tegas …beliau..

Ketika acara fasching bnyak yang  berdandan seperti orang bodoh atau  badut dan bentuk unik lainnya. Karena menurut kisah dahulu kala kelompok kelas bawah menggunakan sarana festival fasching untuk mencari kesempatan baik dalam mengenakan topeng dan kostum yang menggambarkan kaum priyayi and aristocrat. Nahh uniknya ini merupakan salah satu trik mereka untuk dapat bergaya dengan kostum2 unik dan tetap terhindar dari hukuman…heee ada2 aja

Okk sambutan selesai akhirnya masuk ke acara pembukaan yang ditandai dengan pemotongan dasi yang dikenakan laki2 oleh seorang perempuan, ini kononnya merupakan symbol wanita menguasi laki2 haaaa…aneh2 aja …isu Femenisme nh nanti ….

Gebyar terlontar dengan amukan petasan dan Hujan permen meramaikan acara, dendang musikpun bergelora mamaksa diriku dan terbwa haaaaa akhrinya gw goyang juga … saling pegang bahu keliling2 ….seru ….seruuu…

Ramai dengan berbgai macam perlombaaan baik kelompok atau personal dan permainan2 gokil lainny dan tidak kalah menarik perlombaan kostum terbaik dan ter waah lahhh kira2, dan ada yang tidak kalah menriknya di acara ini tersedia makanan2 khas jerman diantaranya Salad dan kue2 gt dhh..gw kurang paham, hnya bisa menikmati aja heee…dan minuman gratis..

Capekkk akhirnya muter2 g jelas, dalam pesta berbaur dalam kesenangan tradisi budaya jerman yg menurut gw unik dan bagi gw ini membuka penerimaan gw terhadap budaya jerman hemm…sok care,,

Nahhh ada lagi nh brroo yg tak kalah menriknya di dalam perpustakaan ada fasilitas tato, wawa way yg mau menato tubuhnya langsung daftar …heee..merinding juga gw tapi anehnya rame, juga yg mau.. y udah dh ,,,,yg penting happy aja …

Singkat cerita acara berlangsung ampe malam dan berakhir pada pukul 08.00 malam diakahirnya dngan penyerahan hadiah kepada pmenang kostum dlll….

Nhh…akhirnya selesai dh…dan nilai serta ilmu yang dapat kita ambil dari sebongkah coretan ini adalah “Salah satu kunci untuk memahami cakrawala dunia adalah dengan Budaya, karna budaya memiliki corak kultur yang unik dalam segi social, etika, nilai hingga toleransi dalam keberagamaan”

Pojok Goethe, 18 Feb 2012

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: