Teladan Singa

by elvan syaputra

Alkisah..Di Suatu Hutan hiduplah seekor beruang. Beruang ini cacat, hidup sebatang kara dan tidak memiliki dua kaki sehingga yang menjadikan ia tidak bisa berjalan, melakukan aktifitas serta mencari makan sehari-hari didalam hutan, ia hanya duduk dan sesekali berbaring di depan mulut goa atau terowongan kecil yang berada tidak jauh dari aliran sungai.

Suatu ketika ada seorang pria tersasar dihutan dan menemukan seekor beruang cacat tadi, pria ini serasa iba dan memikirkan sejenak bangaimana beruang ini tetap bertahan hidup sedangkan mencari makan saja dia tidak bisa, hanya terpaku dan menungu, rasa penasaran pun menyelimuti pria ini.

Tidak jauh dari tempatnya, pria ini mendengar Auman suara hewan yang sepertinya mengerikan, ia pun mencari tempat aman untuk berlindung, ketika itu pula dia melihat seekor Singa besar menghampiri beruang tadi dengan membawa seekor kambing hasil buruannya, singa itupun melahap santapannya dan memberikan sisa-sisa santapannya itu ke pada beruang cacat tadi.

Begitupun pada hari selanjutnya singa itupun datang dengan membawa seekor rusa hasil buruannya, menyantap dan memberikan sisanya kepada beruang tadi, pria inipun berfikir serasa dirinya berfantasi dengan apa yang disaksikannya.

Sang priapun kembali kerumahnya tidak jauh dari hutan dan ia pun hidup seeorang diri, teringat dengan apa yang ia saksikan dihutan, iapun mengikuti apa yang dilakukan oleh sang beruang tadi, dia percaya seekor hewan cacatpun bisa bertahan hidup dan rizkinya sudah ditentukan oleh sang kuasa, begitupun manusia tegasnya.

Hari demi hari pria itupun diam dirumahnya, menunggu dan mengharap rizki datang bak kejadian yang dialami beruang dan singa dihutan. Berselang hari tak satupun ada yang menghampirinya untuk berbelas kasih rizki, diapun tetap yakin menunggu. Hingga akhirnya suatu saat dia terasa lapar dan tak kuasa untuk bangun iapun tertidur, dalam tidurnya ia mendengar bisikan suara ditelingaya yang mengatakan

“ Hai engkau orang yang sesat, bangunlah dirimu dari penderitaan dan ketidakbenaran, bukalah matamu dan sadarlah, ikuti teladan Singa dan berhentilah meniru beruang yang lumpuh”

Bilik Kost 22 Feb 2012 /Hikmah MT

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: