Instropeksi Diri..

by elvan syaputra

Diakhir pekan masa-masa liburan adalah masa yang sangat menyenangkan, bagi beberapa orang yang dalam kesehariannya berkutat dengan pekerjaan rutinitas, pastinya akan membuat kebosanan serta kejenuhan. heemmm well tapi tidak banyak pula yang enjoy-enjoy aja, bahkan masa aktif kerja serasa kurang bagi dirinya hee…nh ini yang bener-bener fokus dalam pekerjaannya.

Baiklah tak panjang lebar, dengan prolog liburan akhir pekan diatas gw ingin berbagi sedikit pengalaman yang gw saksikan, dan gw rasa ini perlu kita ratapi dan kita ambil nilai positifnya..

Akhir pekan tiba, tepatnya hari jum’at sore kebetulan ketika itu gw akan menghadiri acara temen2 mahasiswa di Malang Jawa Timur. Well….jauh hari gw dah cari tiket kereta, tidak seperti biasanya, sekarang management kereta Api Indonesia sudah mulai rapi, dengan diterapkannya sistem pembelian karcis sebelum hari pemberangkatan, terkhusus untuk kereta Ekonomi yang selama ini luput dari perhatian pemerintah, sehingga jumlah penumpang kurang efektif karena berlebihan dan tidak teratur.

Alhamdulillah gw dapet tiket juga, setelah melewati beberpa antrian panjang dan beberapa calo yang begitu menggoda heee….

Hari jum’at pun tiba dan gw udah siap2 nh untuk berangkat, tepat jam 2 lewat 5 menit kereta mataramaja tujuan malang kota siap diberangkatkan, dentum dan bel sirine stasiun yang sangat khas dan sejuk ditelinga, walaupun terik matahari sangat menggigit di kereta ekonomi, heemmmm yups lupakan itu yang penting enjoy….

Selama perjalanan pandangan gw tertuju ke beberapa orang yang berdiri dan tidak mendapatkan tempat duduk, rasa penasarn gw smakin tinggi ketika mereka pada numpang duduk dibangku yang kosong, nahh muncul dh fikiran negatif apakah mereka tidak punya tiket ya, bearti penumpang ilegal donk..hemmm..

Seketika ada cek tiket dari kondektur dan petugas kereta api, nh terjawablah penasaran gw tadi, ternyata mereka mempunyai tiket namun tidak memiliki nomor tempat duduk di kereta api, dan itupun tidak jadi masalah bagi kondektur, bahkan mereka hanya disuruh berdiri saja apabila yang mempunyai nomor kursi datang. Heemmm aneh juga y ada tiket tapi tak punya nomor kursi ?????

Dilain sisi pandangan gw tertuju ke dua orang anak muda, bercelana pendek dan berjaket, gaya anak muda zaman sekarang dengan rambut yang berbelok kesegala penjuru, heee sungguh kereatif. Sejenak mereka terlihat gelisah dan ketika itu ditanya oleh petugas, mereka menjawab dengan santai alasan2 yang gw kira g masuk akal, dan perkiraan gw mereka tidak memiliki tiket, dan mereka pun diminta untuk masuk kedalam, menunggu antrian pemeriksaaan.

Akhir dari pemeriksaan nh ya, mereka kembali lagi deket dengan tempat gw, persis deket pintu dan toilet, dengan canda tawa dan gurau sambil mengintip dan mengwasai kalau-kalau saja ada yang datang dan memeriksa lagi. Gw terus perhatiin gelagat mereka yang penuh dengan was-was dan khawatir, kayaknya sh gelisah juga…hinga tengah malam mereka terus terjaga dan tidak tidur.

Disaat para penumpang tidur nyeyak, mereka pun terus berjaga-jaga, tengok sana-sini dan memperhatikan setiap sudut kereta api, geli rasa diri ini melihat tingkah laku mereka, yang sungguh berani dan unik juga.

Unik karena mereka, senang untuk menyiksa diri sendiri dengan tidak nyaman, tidak tidur serta was-was gelisah, khawatir dll..wahh ribet th, gw aja dengernya sesuatu banget….

titt tuttt ….kereta apipun berhenti di setasiun persinggahan dan merekapun terjaga, lalu kaget dengan datangnya petugas pemeriksa tiket, mereka pun gelisah sangat. Dan untungnya mereka punya temen dikereta, yaitu seeorang petugas kebersihan kereta, mereka minta tolong agar dijaga pintu toilet karena hendak menyembunyikan diri di bilik toilet tadi, wahhh wahh bayangan gw ya dalam toilet itu udah dari siang g ada airnya dan yang berhajat disana pun udah gonta ganti, g bayang gimana harumnya didalam…heee

Mereka pun selamat untuk yang kedua kalinya,,,,hemmm senyumku geli, melihat tingkah mereka yang gokil banget. Akhir kisah, mereka pun selamat sampai ditempat tujuan mereka, dan rasa gembira serta puas mereka dilampiaskan dengan tertawa lepas serta berlari2…seakan mereka bahagia dapat lolos dari pemeriksaan dan kegelisahan yang menahan mereka hampir 10 jam di dalam kereta…

Catatan dari kisah perjalanan ini; perlu kita untuk mengingatkan atau menegur atas keteledoran sistem kereta api, dan untuk disampaikan aspirasi kepada pihak yang berkewajiban, untuk memperbaiki dan menetlarisir kecurangan serta kejanggalan yang masih terjadi di kereta api indonesia.

HIKMAH “Ketika diri dalam keadaan salah dan tidak baik, seluruh anggota badanpun akan menolak, mereka tau bahwa mereka salah, dari hati gelisah, fikiran, mata, tangan, kaki semuanya pun gelisah, karena allah menciptakan manusia dalam satu kesatuan yang saling mendukung. Contoh apabila mata sakit maka seluruh anggota badan akan merasa sakit dan gelisah, dan apabila baik maka imbasnya akan menjadi kebaikan diseluruh anggota badan” Maha besar allah dengan segala ciptannya..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: